Total Tayangan Halaman

Selasa, 22 Februari 2011

Wisata Kabupaten Pacitan


Kabupaten Pacitan terletak di Pantai Selatan Pulau Jawa dengan luas wilayah 1.389,87 Km2. Pacitan merupakan pintu gerbang bagian barat dari Jawa Timur dengan kondisi fisik berupa pegunungan kapur selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek menghadap Samudera Indonesia. Sebagian besar wilayahnya berupa gunung-gunung kecil mencapai jumlah 300 buah. Kondisi alam ini membuat daerah Pacitan banyak memiliki gua-gua. Salah satunya adalah Gua Gong yang mengagumkan keindahannya dengan stalakmit dan stalaktitnya yang masih utuh. Pengunjung gua akan diantar pemandu menyusuri lorong dalam gua ini. Selain gua Gong ada Gua Tabuhan yang tak kalah menariknya.
Wilayah Pacitan yang bergunung-gunung dengan salah satu sisi daratannya berbatasan dengan laut memiliki beberapa pantai yang indah dengan gelombang besar dari Laut Selatan, antara lain pantai Teleng Ria, Pantai Srau, Pantai Klayar dan Sidomulyo.
Di kabupaten Pacitan masyarakatnya memiliki khasanah budaya yang dapat disaksikan berupa upacara Ceprotan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar