Total Tayangan Halaman

Senin, 07 Maret 2011

Wisata Kabupaten Tuban


 



Kabupaten Tuban mempunyai luas wilayah 183.994.562 Ha. Nama Tuban berdasarkan cerita rakyat berasal dari kisah pembukaan hutan bambu (papringan) oleh Raden Arya Dandang Wacana yang menimbulkan keajaiban "meTU BANyune" (keluar airnya). Terbentuknya pemerintah di Tuban diawali dengan pelantikan agung Ronggolawe menjadi adipati Tuban pertama oleh Raja Majapahit, Raden Wijaya. Di Kota Tuban terletak makam Sunan Bonang sebagi tempat wisata ziarah. Daya tarik wisata lain adalah Gua Akbar yang mempesona dengan stalaktit dan stalagmit yang indah, dapat ditempuh 15 menit dari kota Tuban. Gua ini dikembangkan menjadi wisata gua. Selain itu dapat pula dikunjungi Gua Ngerong dan Gua Putri Asih. Bagi yang gemar berendam dapat menikmati kesejukan di pemandian alam Bektiharjo, sedangkan yang suka air panas dapat mengunjungi pemandian Prataan. Daerah Tuban terdapat Klenteng Kwan Sing Bio yang dibangun pada abad 18 menghadap ke laut utara dengan simbol kepiting yang jarang ditemui pada bangunan klenteng lain. Para pelajar dan peneliti yang ingin lebih dalam mengetahui sejarah Tuban dapat berkunjung ke Museum Kambang Putih, Wisata pantainya adalah pantai Boom dan Sowan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar